resume materi Konsep, Karakteristik, Tujuan, Manfaat dan Komponen E-learning.
Konsep E-learning
E-learning adalah pembelajaran yang menggunakan jasa elektronik sebagai alat bantunya. E-Learning berarti pembelajaran yang menggunakan jasa bantuan perangkat elektronika misalnya dapat menggunakan jasa audio, video atau perangkat computer, hp dan lain-lain melalui fitur-fitur yang disediakan.
B. -Karakter
E-learning'
Menurut
Rosenberg (2001) karakteristik E-learning tersebut bersifat jaringan, yang
membuatnya mampu untuk dapat memperbaiki dengan secara cepat, menyimpan atau
juga memunculkan kembali, mendistribusikan, serta juga sharing pembelajaran
juga informasi.
-Karakteristik E-learning menurut Nursalam (2008:135)
antara lain :
· Menggunakan
bahan ajar bersifat mandiri (self learning materials) yang kemudian disimpan
didalan komputer, sehingga dapat untuk diakses oleh doesen serta mahasiswa
kapan saja dan dimanapun.
· Memanfaatkan
suatu jadwal pembelajaran, kurikulum, hasil kemajuan belajar, serta hal-hal
yang berkaitan dengan suatu administrasi pendidikan dapat dilihat pada
tiap-tiap komputer.
· Memanfaatkan
suatu jasa teknologi elektronik.
· Memanfaatkan
suatu keunggulan komputer (digital media serta juga komputer networks)
Tujuan e-learning adalah untuk meningkatkan daya
serap dari para mahasiswa atas materi yang diajarkan, meningkatkan partisipasi
aktif dari para mahasiswa, meningkatkan kemampuan belajar mandiri, dan
meningkatkan kualitas materi pembelajaran.
B. -Manfaat
E-learning
A. -Komponen
E-learning
Untuk dapat terselenggaranya e-learning diperlukan 3 komponen
pembentuk e-learning yaitu:
a. Infrastruktur: Infrastruktur e-learning dapat berupa personal
computer (PC), jaringan komputer, internet dan perlengkapan multimedia.
Termasuk didalamnya peralatan teleconference apabila kita memberikan layanan
synchronous learning melalui teleconference.
b. Sistem dan aplikasi: sistem perangkat lunak yang mem-virtualisasi
proses belajar mengajar konvensional. Bagaimana manajemen kelas, pembuatan
materi atau konten, forum diskusi, sistem penilaian (rapor), manajemen proses
belajar mengajar. Sistem perangkat lunak tersebut sering disebut dengan
Learning Management Sistem (LMS). LMS banyak yang opensource sehingga bisa kita
manfaatkan dengan mudah dan murah untuk dibangun di sekolah dan universitas.
c. Koten: konten dan bahan ajar yang pada e-Learning system
(Learning Management System). Konten dan bahan ajar ini bisa dalam bentuk
Multimedia-based Content (konten berbentuk multimedia) atau Text-based Content
(konten berbentuk teks seperti pada buku pelajaran biasa). Konten ini disimpan
dalam Learning Management System (LMS) Sehingga dapat dijalankan oleh siswa
kapanpun dan dimanapun.
Komentar
Posting Komentar